Jumat, 06 Desember 2013

[MyRecipe] Kimbab Ala Gue

    Late post..

    Kali ini gue pengen nge-post resep ala gue. Resep yang kadang ga selalu menurut pada aturan baku, atau mungkin dalam dunia masak-memasak emang jarang ada aturan baku mengenai resep.. Dari film Ratatouille, gue inget banget quote-nya yang 'Everybody can cooking'. Dan gue coba nerapin masak-memasak jadi hobi gue.

    Sebenarnya minat masak gue timbul sendiri, kalo Ibu gue sih dibilang emak-emak jago masak, yah kaga juga. Sering hambar. Modal penting dalam masak-memasak intinya adalah pada kemampuan mengecap. Aroma yang menggoda hidung dan rasa yang menggoyang lidah bakal bikin penikmatnya akan semakin berselera.  Nah, yang satu ini mesti gue asah bener-bener. Secara kalo gue masak itu yang penting kenyangnya, masalah enak atau ga, belakangan aja. Walau kadang masih ga pede, ternyata gue menemukan kenikmatan tersendiri ketika orang lain bisa makan dengan nikmat hasil racikan gue.

    Balik lagi, ke tema postingan kali ini tentang resep Kimbab ala gue. Ala gue di sini lebih sering berarti cara gue modif resep dengan bahan murah ^^. Gue akui gue pernah jadi korban K-Wave, tapi baru akhir-akhir ini iseng nyoba makanan khas Korea. Kimbab atau Sushi Roll dalam menu Jepang-nya, dibuat dari rumput laut (nori atau kim) dan nasi yang digulung dengan macam-macam sayur dan daging di dalamnya. Baru 2 kali gue bikin kimbab ini, yang pertama gue bikin tanpa nilai estetika. Cuma pake telor dadar,  wortel yang dibikin memanjang dan tebel, sama fillet kakap yang murah. Berikut penampakannya:

    Kimbab amatiran

    Nah, yang kedua kali baru aja gue bikin minggu lalu. Udah kepalang janji sama temen-temen kantor buat bikinin kimbab. Dan kali ini, gue puas, kimbab bikinan gue (ada kali 3 gulung atau sekitar 30 potongan kecil) ludes tak bersisa. Sampai-sampai gue dibilang 'Korean Freak yang Totalitas', padahal ga segitunya -____-'  . Dan berikut resep kimbab ala gue-nya, check it out!

    Bahan dan cara menyiapkan bahan isian:
    250 gram tuna fillet (ditumis dengan bawang putih, lada dan kecap. Sisihkan)
    2 butir telur (goreng dadar dan dipotong memanjang dengan lebar + 2 cm. Sisihkan)
    Setengah buah paprika hijau (iris memanjang, tumis dengan bawang putih dan garam. Sisihkan)
    1 buah wortel ukuran sedang (potong seukuran korek api, tumis dengan bawang putih dan garam. Sisihkan)
    Bahan-bahan sebelum diracik

    Cara membuat:
  1. Siapkan kimbal (gulungan sushi)
  2. Letakkan nori atau rumput laut di atas kimbal
  3. Tutupi 3/4 lembaran nori dengan nasi (tidak diberi kecap atau garam, karena bahan isian sudah cukup berasa bumbu gurih)
  4. Susun paprika, tuna, telur dan wortel di atas nasi
  5. Gulung denga perlahan
  6. Beri sedikit nasi sebagai perekat pada bagian ujung gulungan
  7. Olesi permukaan gulungan kimbab dengan minyak zaitun
  8. Potong menjadi ukuran kecil  
  9. Fiuuuhhh..It's better finally..

    Bahan pelengkap ketika disajikan dapat sesuai selera, misalnya kecap jepang atau pasta wasabi. Tapi gue pake saus sambal dan mayonais aja, so simple. Hasil kali ini lebih kelihatan colorful, tapi tetep aja temen gue yang lagi di Jepun dengan songongnya bilang kaya abis digebukin… What the..??