Minggu, 29 Desember 2013

Menjejak Semeru - Persiapan Seorang Amatiran


Gak kepikiran bakal melakukan ekspedisi pendakian Gunung Semeru, gunung tertinggi di seantero jawa yang juga dijuluki gunung para dewa. Keinginan mendaki ketinggian gunung memang pernah menjadi selintas ambisi. Awalnya hanya membayangkan mencapai gunung Gede atau gunung Salak, tapi karena gak ada yg ngajakin jadilah harap tinggal harap. Maklum, bukan anak pecinta alam, jadi gak pernah dapet link buat nuju puncak. Hingga 2 bulan lalu, Jojoh, teman sekantor ngajakin berangkat menuju Semeru. Gak pake babibu langsung aja di-iya-in. Bakal jadi modal nekad ini mah, secara akhir Desember itu lagi musim penghujan, ditambah gak ada pengalaman hiking.

Persiapan fisik kudu dilakuin, sebulan sebelumnya udah mulai rajin jogging atau sekedar senam aerobik. Melatih nafas sih yang penting, khawatir gak kuat. Rencana mendaki Semeru juga Aku ceritain ke Hana, sekalian minta petuah dan yang terpenting sekalian nyari pinjeman perlengkapan gunung, tapi ujung-ujungnya malah beli juga, lumayan buat investasi.. *eh. Jangan sampai Akunya kewalahan gak bisa muncak gara-gara masalah perlengkapan yang kurang prepare. Sebelum masuk tas carrier, semua barang dikelompokkin berdasarkan jenis.
  • Kantong baju, cukup buat 3 hari. Jaket tebel kudu wajib bawa.
  • Kantong ransum, bahan makanan cepat saji dan cukup kalori: mie cup, mie instan, sarden, kornet, coklat, susu, kurma, botol minum ukuran 1 liter. Sebagian bahan makanan serta nesting dan kompor udah disediain sama guidenya
  • Kantong equipments: masker, senter, baterai cadangan, cutter, sarung tangan. Hehehe yang ini Akunya termasuk yang minimalis banget.
  • P3K: counterpain, koyo, hand sanitizer, oksigen, tisu basah.
Untung tasnya bnyak kantong, jadi p3k masuk kantong samping kanan, kaoskaki dan kresek masuk kantong belakang, peralatan mandi dan make up (O_o) dikantong depan, dan tempat minum dikantong kiri. Raincoat dan sepatu gunung gak boleh ketinggalan masuk. Pas dicoba gendong, alamak, udah kayak kuli panggul. Badan susah dibikin tegak. Sebenarnya biang kerokny adalah Pocari Sweat 2 liter yang udah trlanjur dibeli dan sayang kalo gak dibawa. Dudul, harusnya beli pas udah di Malang ajah.
Contoh list lengkapnya (Sumber: Mbah Google)
 
Sleeping bag Karrimor polar yang harganya cuma 150rebuan akhrnya dieliminasi karena emang gak layak buat kondisi Semeru yang dinginnya makjleb. Ternyata bisa nyewa disana, 5rbu per harinya. Untungnya, tenda dan matras udah dsediain sama guidenya. Aku juga iseng nyari jalur pendakian Semeru, biar terbayang seberapa jauh dan lama pendakian yang bakal dilakukan.
Peta Semeru
 
2 hari sebelum berangkat, Aku minta itenerary pendakiannya. Dan berikut rencana jadwalnya:
Tanggal 22 Des:
08.00: kumpul dan berangkat dari Tumpang menuju Ranu Pani
10.00: track menuju Ranu kumbolo. Camp di Ranu Kumbolo
Tanggal 23 Des:
09.00: track menuju Kalimati. Camp di Kalimati
Tanggal 24 Des:
00.00: track ke puncak
08.00: menuju Kalimati. Istirahat. Turun ke Ranu Kumbolo, dan camp di Ranu kumbolo
Tanggal 25 Des:
09.00: turun ke Ranu Pani

Jangan lupa juga surat keterangan sehat dari dokter dan fotokopi KTP.